Sabtu, 10 Mei 2014

Hubungan Antara Etika, Profesi & Profesionalisme

Mungkin kita semua sudah mengerti apa itu arti dari etika itu apa, etika itu merupakan kebiasaan atas suatu perilaku yanng baik dari seseorang terhadap hal apapun. Dan apa kaitannya dengan profesi dan profesionalisme, mari kita jabarkan dulu satu persatu apa itu profesi dan profesionalisme. Profesi merupakan suatu pekerjaan yang dimiliki seseorang, baik yang tetap maupun tidak dan dapat menghasilkan sesuatu. Sedangkan profesionalisme itu adalah sebuah keahlian, kemampuan serta ketrampilan yang dimiliki seseorang dalam menjalankan atau mengerjakan sebuah pekerjaan dan bekerja secara sungguh-sungguh.

Apa hubungannya etika dan profesi ? seperti yang dituliskan diatas, etika itu merupakan kebiasaan atas suatu perilaku yang baik dari seseorang. Sedangkan profesi itu merupakan suatu pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang, baik yang pekerjaannya tetap ataupun tidak. Jadi disini hubungannya adalah ketika seseorang bekerja dan memiliki sebuah profesi yang tetap maka orang tersebut haruslah mempunyai etika-etika yang baik. Jadi jika orang tersebut memiliki perilaku yang baik di dalam pekerjaanya, niscaya pekerjaannya akan selesai dengan hasil yang sangat memuaskan dan orang tersebut pasti akan lama dibidang pekerjaan (profesi) tersebut.

Dan apa hubungannya etika dengan profesionalisme ? profesionalisme itu sendiri keahlian, kemampuan serta ketrampilan yang dimiliki seseorang dalam menjalankan atau mengerjakan sebuah pekrjaan dan juga dalam melakukan pekerjaan terbsebut dilakukan secara bersungguh-sungguh. Profesionalisme dan etika, jika kita sudah melakukan suatu pekerjaan secara profesionalisme sudah dapat dipastikan kita melakukan pekerjaan tersebut dengan mengedepankan etika-etika dalam pekerja. Karena secara profesional kita mengerjakan pekerjaan tersebut, dan tidak mungkin kita melanggar etik-etika.

Dan yang terakhir adalah hubungan ketiganya tersebut adalah jika kita sudah mempunyai pekerjaan atau sebuah profesi maka bekerjalah dengan cara yang profesional dan mengedepankan etika-etika dalam bekerja. Agar kita dapat tahan lama dipekerjaan tersebut dan juga agar pekerjaan yang kita kerjakan juga dapat memiliki hasil yang sangat memuaskan baik untuk diri sendiri maupun perusahaan tempat kita bekerja.

2 komentar:

  1. pada dasarnya segala sesuatu itu memang harus ada etikanya...

    http://tokoonlineobat.com/obat-penyakit-glaukoma-alami/

    BalasHapus
  2. Look at the way my associate Wesley Virgin's autobiography launches in this SHOCKING and controversial video.

    Wesley was in the army-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to get anything they want.

    As it turns out, these are the exact same SECRETS lots of celebrities (especially those who "became famous out of nowhere") and elite business people used to become rich and famous.

    You've heard that you use less than 10% of your brain.

    Really, that's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.

    Perhaps that conversation has even taken place IN YOUR own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain around seven years back, while driving an unlicensed, garbage bucket of a car with a suspended driver's license and $3.20 in his bank account.

    "I'm very fed up with living payroll to payroll! Why can't I become successful?"

    You've been a part of those those thoughts, ain't it right?

    Your success story is waiting to be written. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    Take Action Now!

    BalasHapus