Minggu, 07 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Bangsa Indonesia

     Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bagi masyarakat atau penduduk NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Bahasa yang harus dan wajib untuk bisa digunakan, dipahami dan dimengerti oleh seluruh warga negara RI (Republik Indonesia) agar mudah untuk saling berkomunikasi sesama warga negara. Bahasa Indonesia mempunyai banyak peranan dalam kehidupan sehari - hari di lingkungan masyarakat Indonesia. Seperti dalam berkomunikasi, berbisnis, memberikan informasi, dll.

     Dalam berkomunikasi bahasa Indonesia sangatlah penting untuk dikuasai oleh seluruh warga negara, agar bisa saling mengerti dan memahami antar sesama warga negara meski mereka berbeda daerah asal. Karena setiap warga negara di Indonesia mempunyai bahasa daerah masing-masing, jadi agar kita saling mengerti ketika berbicara antar dua orang yang berbeda daerah asal, maka digunakanlah Bahasa Indonesia. Sehingga kedua orang tersebut dapat saling mengerti apa yang di maksud dan dibicarakan. Karena tidak semua warga negara Indonesia mengerti akan semua bahasa daerah yang ada di Indonesia. Karena setiap bahasa di daerah memiliki kata, arti dan makna yang berbeda. Contohnya adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar dari memanggil diri sendiri adalah saya atau aku, tetapi dalam bahasa daerah berbeda. Bahasa sundanya dari saya atau aku adalah abdi, sedangkan untuk bahsa jawa adalah kulo, begitu juga dengan bahasa daerah yang lainnya yang tentu saja berbeda. Contoh lain adalah kata dalam Bahasa Indonesia yang benar adalah kamu atau anda. Di daerah orang yang berbahasa sunda kata kamu dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah maneh. Begitupun bahasa daerah lainnya yang berada di Indonesia yang sangat beragam. Sehingga Bahasa Indonesia di jadikan bahasa persatuan agar kita bisa berkomunikasi dengan baik antar sesama warga negara dan tidak terpecah belah karena tidak saling memahami apa yang sedang dibicarakan.

     Dalam berbisnis Bahasa Indonesia sangatlah penting, karena jika tidak satu bahasa akan susah untuk mencapai kata sepakat dalam berbisnis. Karena tidak mengerti satu sama lain apa yang sedang didiskusikan untuk mencapai kata sepakat dalam bisnis tersebut. Bisnis apapun harus menggunakan bahasa yang sama, baik dalam menanamkan modal (investasi), berdagang di pasar, jual beli produk perusahaan, dll. Dalam menanamkan modal itu sangatlah penting kita mengerti  maksud dari si penanam modal tersebut. Karena kita harus bisa satu paham dengan orang tersebut, jika tidak maka kata sepakat tidak akan bisa terjadi dan tidak ada yang bisa menanamkan modal ke perusahaan. Dan jika tidak ada yang menanamkan modal ke perusahaan maka perusahaan tersebut terancam gulung tikar. Jadi dalam berinvestasi maka harus menggunakan Bahasa Indonesia antara si investor dan pemilik perusahaan agar bisa berkomunikasi membicarakan investasi. Dan dalam berdagang di pasar menggunakan Bahasa Indonesia yang baik juga sangatlah penting, tidak akan bisa si pembeli ingin membeli suatu barang kepada pedagang jika keduanya tidak bisa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. Karena tidak akan terjadi kata sepakat harga jika si pembeli dan si penjual berbeda bahasa yang di gunakan, karena si penjual dan si pembeli tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan oleh mereka berdua. Jadi sangatlah penting si pedagang dan si pembeli akan mengerti dan bisa berbahasa Indonesia, jika si pedagang tidak ingin rugi karena harga yang didagankan di bawah ketika dia membeli. Begitu juga dengan si pembeli yang pasti tidak ingin harga barang yang ingin di beli jauh tinggi dengan harga pasar karena dibohongi oleh si pedagang, karena kesalah pahaman antara si pedagang dan si pembeli dalam menggunakan bahasa. Untuk jual beli produk perusahaan juga sangat penting menggunakan Bahasa Indoneia, jika tidak menggunakan Bahasa Indonesia tetapi menggunakan suatu bahasa daerah dalam memasarkan suatu produk perusahaan maka tidak akan mengerti orang yang bukan dari daerah yang bahasa daerahnya digunakan dalam memasarkan produk perusahaan tersebut. Maka perusahan tersebut akan bisa merugi nantinya, karena yang membeli hanya dari suatu daerah. Karena daerah lain tidak tahu akan sebuah keunggulan dari produk yang sedang di pasarkan oleh suatu perusahaan, karena para konsumen tidak mengerti akan bahasa yang digunakan oleh perusahaan dalam menjual produk jika perusahaan tersebut hanya menggunakan bahasa suatu daerah dan tidak menggunakan Bahsa Indonesia.

     Dalam memberikan informasi, Bahasa Indonesia adalah sangat penting sekali digunakan. Karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional, maka sangat penting untuk bisa di pakai. Contohnya dari memberikan informasi sangat banyak sekali, mulai dari ketika seorang Presiden, Menteri, dan para pejabat negara lainnya memberikan informasi, sampai dengan memberikan informasi yang di tingkat kecil contohnya adalah sekolah, perusahaan, koran, dll. Presiden, Menteri dan para pejabat negara lainnya wajib dan pasti menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan berbagai informasi untuk kepentingan NKRI (Negara Kesatuan Indonesia), karena Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang wajib dan harus bisa di pahami dan dan bisa digunakan oleh seluruh warga negara. Presiden, Menteri dan para pejabat negara lainnya menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyampaikan informasi agar kita mudah mengerti dan memahami apa yang sedang disampaikan oleh Presiden, Menteri ataupun para pejabat negara lainnya yang bersifat menyampaikan sebuah informasi yang menyangkut urusan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jadi para warga negara bisa mengerjakan apa yang diperintahkan oleh para pemimpin jika itu menyangkut urusuan kesatuan, bisa memahami anjuran yang di sampaikan pemimpin, dan mengerjakan kewajiban sebagai warga negara yakni berbakti kepada negara. Karena kita harus bisa menggunakan Bahasa Indonesia agar bisa mengerti yang disampaikan tersebut.

     Menyampaikan informasi di sekolah, banyak memang masih yang menggunakan bahasa daerah dalam menyampaikan berbagai informasi dalam hal yang menyangkut sekolah. Khususnya bagi sekolah yang berada di daerah-daerah, memberikan informasi menggunakan bahasa daerahnya. Tidak untuk di beberapa daerah yan menyampaikan informasi mengenai sekolah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, setiap sekolah yang ada di Indoneisa sebisa mungkin ketika menyampaikan sebuah informasi kepada para siswa dan siswinya menggunakan Bahsa Indonesia dan tidak menggunakan bahasa daerahnya. Karena sekaligus berlatih menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga ketika kita pergi keluar daerah kita bisa tetap berkomunikasi dengan orang yang berada di daerah yang kita tuju dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Jadi kita tidak akan tidak bisa berkomunikasi, menyampaikan informasi di sekolah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan tidak menggunakan bahasa daerah, karena kita sudah bisa dipastikan bahwa kita bisa berbicara bahasa daerah yang kita tinggali. Karena pasti dalam kehidupan sehari-hari kita pasti berbicara dengan bahasa daerah tersebut. Sehingga boleh saja ketika ada informasi di sekolah kita bisa menggunakan Bahasa Indoneisa sebagai bahsa yang digunakan untuk menyampaikan informasi tersebut.

     Menyampaikan informasi di dalam sebuah perusahaan, dalam hal ini juga sangat penting ketika seorang pimpinan menyampaikan suatu informasi kepada bawahannya dengan menggunakan Bahasa Indonesia, jika tidak akan terjadi kesalah pahaman antara atasan dan bawahannya karena keduanya tidak mengerti maksudnya. Andaikan ketika atasannya menggunakan suatu bahasa daerah saat rapat, berkomunikasi, menyampaikan informasi kebawahannya belum tentu para bawahaannya mengerti akan maksud yang di sampaikan. Mungkin hanya bawahan yang berasal dari daerah yang bahasa daerahnya digunakan oleh atasannya tersebut. Begitu juga ketika seorang bawahannya ingin menyampaikan masukkan yang membangun bagi perusahaan, berupa ide kreatif. Tetapi bawahan tersebut menyampaikan informasinya denganmenggunakan bahasa daerah asal dari bawahannya tersebut, maka atasan tidak akan mengerti maksud dari ide sang sebenarnya sangat kreatif dari bawahannya. Karena ketidak mengertiannya atasan, maka akan terjadi kesalah pahaman. Jadi, Bahasa Indonesia sangatlah penting di gunakan di perusahaan jika ingin perusahan tersebut maju, besar, berkembang, dan tidak mempunyai kesalah pahaman antara pegawai karena ketidak mengertian bahasa.

     Menyampaikan informasi di sebuah media, contohnya koran, siaran berita televisi, majalah, dan media lainnya yang bersifat menyampaikan informasi. Dan dalam media juga sangat amatlah penting ketika menyampaikan suatu berita menggunakan Bahasa Indonesia ketika media tersebut memberitakan dalam skala Nasional atau kepada sulur warga negara. Dan mungkin media – media tersebut menggunakan bahasa daerah ketika memang media tersebut, seperti koran hanya khusus daerah tersebut. Tetapi jika memberitakan atau menyampaikan sebuah informasi yang sangat penting untuk pengetahuan para warga negara maka harus menggunakan bahkan kewajiban bagi para editor koran, majalah, dan media penyampaian informasi lainnya untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

     Jadi Bahasa Indonesia sangat amat penting untuk bisa di pahami dan di mengerti oleh seluruh warga negara, agar kita bisa saling mengerti dan memahami setiap komunikasi antar sesama warga negara. Maka dari itu Bahasa Indonesia merupakan mata pelajar wajib bagi sekola – sekolah yang ada di Indonesia baik itu tingkat SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), atupun SMA (Sekolah Menengah Pertama) / SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan sederajat. Karena agar kita bisa benar – benar memahami dan mengerti Bahasa Indonesia yang baik dan benar itu. Jika kita tidak belajar Bahasa Indonesia sejak dini maka kita tidak akan bisa berkomunikasi dengan baik dan benar kepada sesama warga negara, karena kita tidak bisa berbicara menggunakan Bahasa Indonesia ketika kita sedang berkomunikasi antar sesama warga negara.

     Jadi kita sebagai warga negara yang baik, harus dan wajib menggunakan Bahasa Indonesia dalam kegidupan sehari – hari. Jangan sampai kalah dengan bahasa asing yang sedang berkembang di negara ini, dengan sering digunakannya bahasa asing dalam kehidupan sehari – hari. Contoh bahasa asing yang sedang berkembang adalah Inggris, Jepang, Korea, Perancis, dll. Banyak kita jumpai warga negara mahir dan jago dalam berbicara bahasa asing, tetapi ketika disuruh untuk berbicara Bahasa Indonesia yang baik dan benar dia tidak bisa. Tidak salah memang kita untuk belajar agar kita bisa menguasai bahasa asing, tetapi jangan sampai kita belajar bahasa asing dan melupakan bahasa kita sendiri yakni bahasa Indonesia. Hanya karena kita ingin mahir dan mempunyai softskill dalam bidang mengerti dan bisa berbicara bahasa asing tersebut, kita malah tidak bisa bahkan cenderung tidak perduli terhadap bahasa kita sendiri dengan menomor duakan Bahasa Indonesia.

     Sehingga peran Bahasa Indonesia dalam kehidupan bangsa Indonesia sangatlah amat penting dan banyak sekali punya peranan. Seperti yang sudah di sebutkan di awal, peran Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari – hari warga negara adalah mulai dari untuk saling melancarkan komunikasi agar tidak terjadi kesalah pahaman antar kedua warga negara, kemudian untuk berbisnis. Bisnis yang di maksud di atas adalah dalam hal menanamakan modal atau investasi yang di lakukan oleh investor, Bahasa Indonesia sangat penting agar tidak ada salah paham dan akan batalnya seorang investor menanamkan modalnya atau investasinya ke perusahaan tersebut karena suatu salah paham ketika sedang bernegosiasi. Dalam berdagang juga sangat penting agar tidak saling rugi antara si pedagang dan si pembeli, karena ketidak cocokan harga yang di sepakatinya. Karena antara si pedagang dan si pembeli menggunakan bahasa daerahnya masing – masing, jadi terjadi salah paham ketika proses tawar menawar. Sehingga sangatlah penting menggunakan Bahasa Indonesia dalam hal tersebut. Memberikan informasi, ini adalah hal yang paling utama untuk menggunakan Bahasa Indonesia ketika seseorang menyampaikan suatu informasi. Baik itu Presiden, Menteri – Menteri ataupun para pejabat negara lainnya, yang pasti di mana ketika mereka menyampaikan sebuah informasi baik itu pengumuman ataupun yang lain Presiden, Menteri – Menteri ataupun pejabat negara lainnya akan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar mudah di mengerti, di pahami, di kerjakan dan di laksanakan oleh seluruh warga negara. Menyampaiakn informasi di sekolah juga merupakan hal penting dilakukan menggunakan Bahasa Indonesia, meski tidak semua sekolah di Indonesia tidak menggunakan Bahasa Indonesia ketika menyampaikan suatu informasi di sekolah tersebut. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menyampaikan informasi di sekolah juga agar para siswa dan siswi di sekolah mudah memahami maksud dari informasi yang di samapikan oleh pihak sekolah baik itu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, atupun para staff dalam struktur sekolah. Agar para siswa dan siswi bisa mengerjakan dan melaksanakan dengan baik jika informasi tersebut bisa di mengerti dan di pahami. Memberikan informasi di perusahan merupkan hal yang juga termasuk penting dalam menggunkan peran Bahasa Indonesia, agar para atasan dan bawahan bisa saling berkomunikasi untuk kemajuan perusahaan tersebut dan tidak akan menjadikan perusahaan tersebut gulung tikar atau bangkrut karena ke salah pahaman dalam hal berkomunikasi menggunakan bahasa. Menyampaikan informasi di sebuah media, dalam hal ini sudah dapat kita pastikan bahwa peran Bahasa Indonesia sangat amat besar untuk memberikan suatu informasi dari sebuah koran, majalah dll dalam skala nasiona. Karena sudah di pastikan bawha orang yang membaca informasi dari koran, majalah, berita di televisi juga akan mengerti dan memahami isi dari informasi tersebut. Karena bahasa yang di gunakan dalam menyampaikan informasi tersebut adalah Bahasa Indonesia, sehingga para warga negara tahu dari maksud informasi yang disampaikan.

     Untuk setiap warga negara harus terus belajar menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, agar Bahasa Indonesia tidak di nomor duakan oleh setiap warga negara. Karena kurangnya penggunaaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari – hari. Dalam mempererat persatuan dan kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), terapkanlah Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan kita sehari – hari untuk berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar