Senin, 08 Oktober 2012

Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional


     Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bagi seluruh warga negara Indonesia, Bahasa Indonesia digunakan oleh seluruh warga negara Indonesia dalam berkomunikasi antar sesama warga negara. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat mudah untuk di pelajari bagi warga negara asing. Karena bahasa indonesia hanya mempunyai pola dasar S ( Subjek ), P ( Predikat), O ( Objek ), K ( Keterangan ), sehingga mudah untuk dipelajari oleh setiap warga asing yang ingin belajar Bahasa Indonesia. Lain hal dengan Bahasa Inggris yang banyak sekali polanya mulai dari Past Tense, Present Tense, dll. Sehingga mungkin sulit bagi orang awan untuk mempelajari Bahasa Inggris yang mempunyai berbagai macam pola kalimat.

     Itu adalah mungkin sedikit mengenai Bahasa Indonesia yang bisa dan mudah untuk dipelajari oleh seluruh warga dunia yang ingin bisa berbicara Bahasa Indonesia. Dan juga agar bisa Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional, yakni dengan salah satu cara tersebut. Dengan mudahnya orang – orang dari berbagai negara mempelajari Bahasa Indonesia.

     Banyak cara agar bisa Bahasa Indonesia menajadi Bahasa Internasional atau bahasa yang di gunakan oleh seluruh orang – orang yang ada di bumi ini untuk berbicara, seperti halnya Bahasa Inggris pada sekarang ini. Cara yang memungkinkan agar Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional adalah dengan menyebarnya warga negara Indonesia ke seluruh dunia, Indonesia harus punya pengaruh terhadap dunia mulai dari ekonomi, tekhnologi, pengetahuan, dll.

     Menyebarnya warga negara Indonesia ke berbagai negara yang ada di dunia, tidak dipungkiri hal seperti inilah salah satu cara agar Bahasa Indonesia akan menjadi Bahasa international. Karena dengan menyebarnya warga negara, maka dia akan membawa Bahasa Indonesia ke daerah tersebut. Dan orang yang berada di daerah yang negara’a sedang di tempati oleh warga negara Indonesia akan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari – hari dalam kehidupannya. Dan juga pasti warga sekitar di tempat dia tinggal akan belajar Bahasa Indonesia, dan juga akan secara cepat dia bisa berbicara Bahasa Indonesia, karena Bahasa Indonesia tidak sulit untuk dipelajari. Dan juga apabila warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri di sana menjadi seorang pedagang, akan secara cepat Bahasa Indonesia akan menyebar. Karena secara otomatis dia akan selalu menggunakan Bahasa Indonesia dalam kegiatan berdagangnya, dan juga warga sekitar pasti akan mempelajari Bahasa Indonesia agar dia bisa berbisnis atau dalam hal ini membeli barang dagangan dari pedagang yang notabennya warga Indonesia. Agar dia bisa mempunyai kata sepakat harga, bernegosiasi, dan juga berkomunikasi tentang hal dan guna dari barang dagangannya. Jika tidak menggunakan Bahasa Indoneisa pasti akan bingung untuk komunikasi dalam hal tawar menawar, dan menanyakan guna dari barang dagangan tersebut.

     Indonesia harus punya pengaruh dalam berbagai bidang terhadap dunia, ini merupakan cara yang paling besar berpengaruh agar Bahasa Indonesia menjadi Bahasa International. Pertama Indonesia harus berpengaruh dalam bidang ekonomi dunia, ini adalah merupakan hal terpenting cara aga Bahasa Indonesia menjadi Bahasa International. Karena dengan Indonesia memegang pengaruh terhadap perekonomian dunia, secara otomatis pamor Indonesia di mata dunia akan terangkat. Dengan peran besarnya Indonesia di bidang ekonomi dunia, maka akan banyak investor asing yang ingin menanmkan modalnya di Indonesia. Dan para pengusaha di Indonesia di usahakan untuk berbicara menggunakan Bahasa Indonesia ketika dalam berbincangan untuk berkomunikasi dalam mencapai kata sepakat antara si pengusaha dan investor. Karena dengan berbicara dengan menggunakan Bahasa Indonesia para investor juga akan belajar Bahasa Indonesia agar dia mudah berkomunkasi dengan pengusaha, dan agar dia bisa berinvestasi dengan baik di perusahaan tersebut karena lancarnya berkomunikasi.

     Dan dalam bidang ekonomi ini juga banyak cara agar Bahasa Indonesia bisa menjadi Bahasa International, dengan banyaknya perkembangan yang sangat pesat di Indonesida dalam bidang ekonomi. Semua itu bisa saja terjadi, dengan Indonesia harus terus ikut berperan dan bisa berpengaruh di bidang ekonomi dunia. Karena semakin Indonesia berperan di dunia, maka akan banyak orang yang melirik ataupun melihat Indonesia.

     Kemudian juga cara agar Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional adalah dengan cara Indonesia harus punya pengaruh kepada seluruh dunia dalam hal bidang tekhnologi, karena dengan semakin berpengaruhnya Indonesia dalam bidang tekhnologi maka akan semakin mudah juga Bahasa Indonesia akan menjadi Bahasa Internasional. Karena dengan tekhnologi Indonesia yang berkembang, maka akan dilirik juga pertekhnologian di Indonesia dan juga banyak warga negara asing yang punya minat terhadap tekhnologi akan belajar tekhnolgi di Indonesia. Dan dari itu maka manfaatkanlah Bahasa Indonesia dalam segala macam untuk memberikan informasi mengenai tekhnologi, maka akan belajar bahasa Indonesia juga para warga negara dari negara lain yang ingin mengetahui tekhnologi – tekhnologi yang sangat berkembang pesat di Indonesia. Contohnya adalah gunakan Bahasa Indonesia dalam menerangkan informasi baik itu secara langsung dalam menjelaskan tekhnologi – tekhnologi dengan cara membuka pameran – pameran tekhnologi, di situ orang yang menerangkan tidak usah menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman ataupun bahasa – bahasa yang lainnya. Saat menerangkan gunakanlah Bahasa Indoneisa, maka dia akan mencoba untuk belajar Bahasa Indonesia karena dia pasti ingin tahu maksud dari apa yang di jelaskan mengenai tekhnologi tersebut. Sehingga dia akan mengerti dari guna dan manfaat tekhnologi yang di jelaskan tersebut.

     Dan gunakan juga Bahasa Indonesia saat orang – orang yang membuat tekhnologi tersebut membuat buku untuk menjelaskan manfaat, guna, dan sedikit cara membuat tekhnologi tersebut. Dan pasti orang – orang dari negara lain yang mempunyai minat dalam tekhnologi akan membeli buku tersebut, agar orang dari negara lain tersebut bisa tahu akan dari manfaat, guna dan cara pembuatan tekhnologi. Karena tulisan dalam buku tersebut menggunakan Bahasa Indonesia, maka si pembaca yang dari negara lain tentu tidak mengerti maksud dari tulisan tersebut. Sehingga si pembaca yang merupakan dari negara asing akan mencoba belajar Bahasa Indonesia agar dia bisa mengerti isi dari buku yang di tulis mengenai teknologi tersebut. Dan juga pasti bukan hanya dia saja, mungkin dia juga akan meminjamkan buku tersebut kepada temannya. Dan juga seperti pembaca tadi, agar dia bisa mengerti dan tahu isi buku maka temannya juga akan belajar Bahasa Indonesia agar dia juga mengerti dan isi buku tersebut.

     Indonesia juga harus punya pengaruh dan peran dalam bidang pengetahuan, agar Bahasa Indonesia juga bisa menjadi Bahasa International atau bahasa yang di gunakan oleh penduduk dunia ketika berpergian ke negara lain untuk berkomunikasinya. Dalam bidang pengetahuan sebenarnya banyak sekali cara agar Bahasa Indonesia juga bisa jadi Bahasa Internasional. Salah satunya adal jika Indonesia punya pengaruh dalam bidang pengetahuan untuk dunia, bidang pengetahuan banyak sekali. Mulai dari Pengetahuan Alam, penemuan – penemuan yang membuat penemuan tersebut bisa di gunakan oleh seluruh warga dunia. Sehingga dari sekedar pengetahun, maka akan bisa  menggunakan Bahasa Indonesia untuk menjelaskan pengetahuan – pengetahuan tersebut kepada seluruh dunia menggunakan Bahasa Indonesia. Dan secara otomatis warga dari negara lain yang tidak mengerti Bahasa Indonesia akan belajar Bahasa Indonesia agar dia mengerti pengetahuan yang di jelaskan oleh orang Indonesia tersebut. Dan juga di bisa saling berkomunkasi untuk saling bertukar pengetahun menggunakan Bahasa Indonesia. Dan seperti tekhnologi tadi, bisa saja orang yang mempunyai atau menemui pengetahuan yang bisa di manfaatkan oleh seluruh warga dari negara lain menggunakan Bahasa Indonesia untuk menulis sebuah buku  Bahasa Indonesia akan belajar Bahasa Indonesia terlebih dahulu saat membeli buku tersebut agar dia bisa mengerti dan memahami apa yang di tuliskan di buku tersebut.

     Banyak sekali cara agar Bahasa Indonesia untuk bisa menjadi Bahasa Internasional, mungkin cara tersebut bisa di laksanakan dan kerjakan oleh seluruh warga negara Indonesia yang saling bantu agar bisa Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional. Jika Bahasa Indonesia bisa menjadi Bahasa Internasional, maka sebagai warga negara Indonesia juga kita akan menjadi bangga jika itu akan sampai terjadi.

     Kita sebagi warga negara harus bersatu untuk mewujudkan cita – cita bangsa, yakni membuat atau menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional. Atau Bahasa yang di gunakan oleh seluruh warga negara dari negara lain bukan hanya saja negara Republik Indonesia. Maka kita sebagai warga negara yang baik dan bersatu harus mewujudkan naitan tersebut.

     Kita sebagai warga negara yang baik juga harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari – hari. Jika kita tidak menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari – hari maka bagaimna caranya agar Bahasa Indonesia itu menjadi Bahasa Internasional. Karena kita saja sebagai warga negara tidak menggunakan Bahasa Indoneisa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari – hari.

     Jadi bagaimana orang asing atau orang dari negara lain bisa menghargai Bahasa Indonesia, jika kita tidak menghargai Bahasa sendiri atau Bahasa Indonesia. Maka sejak dinilah setiap warga negara harus mempelajari Bahasa Indonesia, dan harus benar – benar mengerti dan memahami bahasa yang baik dan benar.

     Dan setiap sekolah di Indonesia tidak terlalu penting untuk menambahkan bahasa asing di mata pelajarannya, dan menjadikan Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang sangat penting dalam kegiatan sehari – hari di sekolah. Karena jika kita tidak seperti itu, maka bahasa asing lah yang akan menjadi mata pelajaran yang penting di sekolah, sedangkan kita ingin menjadikan Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional. Sejak di bangku sekolahlah para pemuda harus di didik dengan baik dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, jika tidak maka Bahasa Indonesia akan menjadi terbengkalai. Padahal kita tahu bahwa Bahasa Indoensia sangatlah penting untuk di kuasai oleh setiap warga negara. Dan mulailah mengenyampikan bahasa asing dalam kehidupan sehari – hari, dan gunakkan Bahasa Indonesia saja dalam kehidupan sehari – hari.

     Bukan tidak di bolehkan untuk belajara bahasa asing untuk menambah pengetahuan, softskill, dan menambah bahasa yang di kuasai. Seperti bahasa Inggris, bahasa Belanda, bahasa Perancis, bahasa Jerman, bahasa Korea, bahasa Jepang, dll. Tapi, jika kita sedang di luar tempat kita belajar untuk mengerti, mempelajari dan memahami bahasa asing seperti bahasa yang sudah di sebutkan tadi. Maka hendakla kita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk berkomunikasi. Jika ingin mengasah kemampuan kita dalam berkomunikasi, mengerti dan memahami bahasa asing, maka lakukanlah di tempat kita belajar bahasa asing atau kita lakukan perbincangan di depan cermin untuk mempelajarinya.
     Kita lakukan lah cara – cara tersebut agar kita bisa menjadikan Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional, mulai dari menyebarnya warga negara Indonesia di seluruh dunia. Entah itu untuk urusan hanya sekedar liburan, berbisnis, berdagang, ataupun memang kita pindah ke suatu daerah di negara lain. Seperti halnya China yang tersebarnya mereka di berbagai negara maju dan negara berkembang. Kita bangsa Indonesia yang jumlah penduduknya terbesar ke lima di dunia, masa tidak bisa menyebar seperti itu. Memang di butuhkan dana yang sangat besar untuk pindah ke daerah di negara lain untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, tapi kita juda harus punya tekad dan niat yang sangat kuat. Itulah yang sangat penting untuk kita pindah ke daerah di negara lain. Dana untuk hidup bisa kita cari jika kita sudah berada di sana.

     Kita bangsa Indonesia juga harus punya pengaruh besar di dunia ini, mulai dari pengaruh di bidang ekonomi, tekhnologi, dan pengetahuan. Di bidang ekonomi, kita harus punya peran besar dalam bidang ini jika kita ingin Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional. Mulai dari membuat orang asing ingin menanamkan modalnya di Indonesia, dan majukkanlah perekonomian di Indonesia. Dan juga jika bisa jadikan Rupiah kurs mata uang yang sejajar dengan Pounds, Euro ataupun Dollars. Maka dengan itu kemungkinan besar kita akan sukses untuk untukmenjadikkan Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional. Karena kita berperan besar dalam bidang ekonomi,

     Peran selanjutnya agar kita bisa mewujudkkan hal terebut adalah dengan membuat Indonesia berpengaruh dalam bidang tekhnologi, dengan kita bisa membuat maju pertekhnologian dan berkembangnya pertekhnologian di negeri ini, maka secara otomatis kita akan di lihat oleh dunia. Dan dunia akan tertarik untuk belajar tehknologi terhadap negara ini. Dan manfaatkanlah di situ Bahasa Indonesia, agar bisa menjadikkan Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional.  Mulai dari ketika memberi penjelasan tekhnologi tersebut, sampai membuat buku tentang tekhnologi itu dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Dan kemungkinan besar dia akan mempelajari Bahasa Indoneisa untuk dia bisa mengerti apa yang di jelaskan itu. Dan dia jadi paham dan bisa berbicara menggunakan Bahasa Indoneisa, dia juga pasti akan menerangkan kepada teman – temannya tentang hal tersebut menggunbakan buku yang di tulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

     Dalam bidang pengetahuan, kita juga harus mempunyai peran di dunia, kita harus mempunyai dan menemukan ilmu pengetahuan yang baru agar negara kita bisa di lirik oleh dunia. Dan banyak warga dari negara lain datang dan erkunjung di Indonesia untuk belajar tentang pengetahuan tersebut. Begitu pula orang yang menjelaskan pengetahuan tersebut, harus menjelaskan dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Dia juga pasti akan belajar Bahasa Indonesia agar dia bisa mengerti apa yang di jelaskan mengenai pengetahuan tersebut.

     Itulah  beberapa cara yang mungkin bisa membuat Bahasa Indonesia yang merpakan Bahasa persatuan bagi seluruh warga negara Republik Indonesia ini menjadi Bahasa Internasional, atau Bahasa yang di gunakan oleh seluru warga dunia seperti halnya Bahasa Inggris pada saat sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar