Senin, 28 Maret 2011

Kebudayaan Negara Ghana

            Ghana adalah sebuah negara dari 24 juta orang terdiri atas 60 etnis kelompok. Lima puluh dua bahasa utama dan ratusan dialek dituturkan di Ghana, dan bahasa Inggris , bahasa resmi Ghana, diucapkan oleh banyak orang. Seperti kebanyakan lain Afrika negara Ghana telah tradisional yang kaya budaya yang berbeda dari satu kelompok etnis yang lain.
             Beberapa contoh kebudayaan Ghana :
1. Festival
    Perayaan festival di Ghana merupakan bagian penting dari budaya Ghana. Beberapa upacara dan ritual yang dilakukan sepanjang tahun di berbagai negara, termasuk anak-kelahiran, hak lintas, pubertas, pernikahan dan kematian. Sebagian besar perayaan yang dihadiri oleh seluruh desa dan secara ketat diamati oleh tetua adat dari masing-masing kelompok etnis.

     The Panafest diadakan setiap musim panas. Hal ini merayakan Ghana akar . Orang-orang dari negara-negara Afrika lainnya, serta Afrika-Amerika dengan akar di Ghana, sering mengunjungi negara mereka dan merayakan warisan .
    The Homowo Festival-Kata "Homowo" secara harafiah berarti berseru-seru di kelaparan. sejarah lisan Tradisional menceritakan saat hujan berhenti dan laut ditutup gerbang nya. Sebuah mematikan kelaparan menyebar ke seluruh Accra Plains selatan, rumah rakyat Ga. Ketika panen akhirnya tiba dan makanan menjadi berlimpah, orang-orang dirayakan dengan sebuah festival yang diejek kelaparan.
     Kobine adalah tarian tradisional dan festival unik untuk Lawra wilayah barat Ghana utara. Tari dan festival bernama setelah dirayakan pada bulan September dan Oktober untuk menandai akhir yang sukses panen .

2. Sastra
    Tradisi sastra Ghana utara telah berakar pada Islam , sedangkan sastra selatan dipengaruhi oleh Kristen misionaris . Sebagai hasil dari pengaruh Eropa, sejumlah kelompok Ghana telah mengembangkan sistem tulisan berdasarkan Latin script, dan beberapa adat telah menghasilkan bahasa tubuh kaya sastra. Pokok ditulis bahasa Ghana adalah dialek Twi dari Asan, Akwapim, dan Fante. bahasa tertulis lainnya adalah Nzema, Ewe, Dagbane, Ga, dan Kasena (a Grusi bahasa). Kebanyakan publikasi di negeri ini, bagaimanapun, adalah ditulis dalam bahasa Inggris.

3. Musik
    Ada tiga jenis musik yang berbeda Ghana: musik etnis atau tradisional, biasanya dimainkan selama festival dan pemakaman; "highlife" musik, yang merupakan perpaduan antara tradisional dan diimpor 'musik', dan paduan suara musik, yang dilakukan di ruang konser, gereja, sekolah dan perguruan tinggi.

Musik Selatan Ghana menggabungkan beberapa tipe yang berbeda dari instrumen musik termasuk:
  • Axatse -adalah jenis mainan atau idiophone. Hal ini dibangun oleh lekukan sebuah labu atau labu. Manik-manik yang menempel dengan string yang ditenun dalam desain jala.
  • Gankogui -adalah sebuah lonceng ganda atau gong. Hal ini dibangun dari besi. Dalam musik Ewe pada umumnya, dan selama Atsiã pada khususnya, gankogui terus waktu.
  • Kaganu -adalah sempit drum atau membranophone sekitar dua meter, pusat sekitar tiga inci dengan diameter dan terbuka di bagian bawah.
  • Kidi -adalah drum sekitar dua meter, kepalanya sekitar sembilan inci dengan diameter dan memiliki dasar tertutup. The Kidi menanggapi panggilan dari drummer memimpin.
  • Atsimevu -adalah memimpin drum. Ini adalah sempit drum sekitar empat kaki tinggi dan kepala sekitar sebelas inci diameter.
  • Sogo -adalah yang terbesar dari drum pendukungnya yang digunakan untuk bermain Atsiã . Di bagian lain, digunakan sebagai timbal drum.Ini adalah tentang dua kaki setengah tinggi, kepalanya sekitar sepuluh inci dengan diameter dan tertutup di bagian bawah.
  • Kpanlogo - Dipotong dari satu potongan kayu, dan tercakup dalam kulit untuk menciptakan drum kepala.
Musik Utara Ghana menggabungkan instrumen-instrumen berikut:
  • Utara dan Timur Laut Ghana dikenal untuk berbicara drum ensemble, goje biola dan koloko musik kecapi, dimainkan oleh berbicara Frafra,-Gur Dagomba Gurunsi dan negara, serta oleh lebih kecil, Fulani, Mande berbicara Busanga dan-Ligbi orang Hausa.
  • Upper-Northwestern Ghana adalah rumah ke Dagara, Lobi, Wala dan rakyat Sissala, yang terkenal karena kompleks saling Gyil musik rakyat dengan meter ganda. The Gyil adalah relatif dekat Balafon . Tradisi musik dari Bissa Mande dan minoritas Dyula di daerah ini lebih dekat mirip dengan sekitarnya Mandinka berbahasa daripada kelompok Upper-Northwestern lainnya.

4. Tari
    Tari Ghana adalah sebagai beragam seperti musik. Setiap kelompok etnis mempunyai tarian tradisional mereka sendiri dan ada tarian yang berbeda untuk berbagai kesempatan. Ada tarian untuk pemakaman, perayaan, pujian bercerita, dan penyembahan dll Beberapa tarian ini termasuk Bamaya , Hal ini dilakukan oleh orang-orang Utara Ghana. Ia menceritakan legenda waktu kekeringan besar. Oracle Sebuah memberitahu orang-orang yang kekeringan itu disebabkan oleh cara di mana laki-laki sangat menindas dan merendahkan perempuan.
      Lebih lanjut menyatakan bahwa kekeringan akan lega hanya jika orang-orang menurunkan sendiri untuk peran mereka memaksakan pada wanita dengan mengenakan rok dan berpartisipasi dalam tarian ini. Ketika orang-orang melakukan ini hujan mulai turun. Saat ini dilakukan selama waktu panen di Ghana barat laut oleh Dagbani laki-laki dan perempuan.

5. Masakan
    Ghana memiliki beragam hidangan tradisional dari masing-masing suku, kelompok etnis dan klan. Umumnya meskipun, hidangan yang paling Ghana terdiri dari bagian tepung, dan saus atau sup dengan ikan, daging siput, atau jamur.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar